Naik apa dari Kuala Lumpur ke Johor Bahru? (2)

Ada beberapa alternatif moda transportasi umum yang bisa digunakan dari Kuala Lumpur ke Johor Bahru. Bisa menggunakan pesawat, kereta api ataupun bus. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman naik bus dari KL ke JB bersama kedua teman saya.

dari kuala lumpur ke johor bahru

Kwok Ping Ekspress, TBS-JB Larkin

Kami naik bus dari Terminal Bersepadu Selatan (TBS), terminal bus ini terkoneksi dengan stasiun KTM Bandar Tasek Selatan. Kesan saya saat memasuki terminal, waah terminal
nya bagus sekali, bersih dan luas. Informasi juga mudah ditemukan, ada banyak counter yang menjual tiket bus disana, bagusnya adalah semua sudah terkoneksi dengan IT,
dan counter tidak mewakili PO (perusahaan otobus) tertentu, namun tersentralisasi. Jadi ketika saya mengantri di loket saya sampaikan bahwa akan ke Johor Bahru Terminal Larkin  (JB Larkin) maka petugas memberikan gambaran melalui screen monitor bus apa saja yang ada dalam rentang waktu terdekat beserta harganya. Saya sempat menanyakan apakah ada perbedaan antar bus? Apakah  kelas ekonomi atau kelas eksekutif? Petugas menjawab bahwa semua sama. Setelah itu kami lihat yang jam nya sesuai dengan kami dan harganya paling rendah (kisaran harga sebenarnya  sama saja hanya terpaut 1-3 RM).

Akhirnya diputuskan kami membeli tiket bus KWOK PING EKSPRESS (TBS – JB Larkin) yang berangkat pukul 21.35 seharga 33 RM. Waktunya cukup longgar bagi kami untuk bisa makan malam  terlebih dahulu di food court yang ada di lantai 3. Kami memilih menu yang bisa menghangatkan badan disana, dan tentu saja yang Halal ya. Untuk makan dan minum bertiga kami merogoh kocek 20 RM,  dengan menu mee goreng, kwetiaw kuah dan kwetiaw tomyam, serta minum teh hangat. Setelah kenyang kami menuju ke Gate 9, tempat dimana Gate keberangkatan bus kami. Saya cukup terpesona
karena gate keberangkatan di terminal ini tidak beda jauh dengan gate bandara.

terminal bersepadu selatan

gate 9

terminal bersepadu selatan kuala lumpur

pemandangan di ruang tunggu terminal

Kami menunggu tidak terlalu lama sampai bus berwarna hijau bertuliskan KWOK PING EKSPRESS mendekat, kemudian diumumkan untuk penumpang yang sudah punya tiket diharapkan segera naik. Tiket bus nya berupa lembaran seperti boarding pass dan ada nama kita. Nomor seat sudah ditentukan sebelumnya saat kami membeli tiket di loket, untuk kami bertiga kami pilih 3 seat di kursi barisan kedua. Dua teman saya duduk bersebelahan dan saya duduk sendirian. Kondisi bus cukup nyaman ada bantal kecil dan ada sandaran kaki, kursi bus juga dapat diatur. Petugas di loket menginformasikan pada kami bahwa perjalanan kemungkinan ditempuh dalam waktu sekitar 5-6 jam, kami
tenang karena kemungkinan sampai di waktu subuh. Namun ternyata perjalanan ditempuh hanya dalam waktu 3,5 jam!!! Bus melewati lebuh raya, jalannya besar dan luas, sepanjang jalan kami lihat pemandangan kebun-kebun sawit. Saya sempat terlelap, namun tetap waspada dengan sesekali mengintip google map untuk melihat jalur perjalanan kami.

Pukul 01.00 kami sampai di terminal JB Larkin, wow dini hari ini, cepat juga bus nya sampai. Kami celingak celinguk sudah sepi, pilihan yang nampak di depan mata adalah taksi merah yang berderet, akhirnya kami memilih naik taksi untuk menuju hotel yang sebelumnya telah kami booking dari tanah air. Biaya taksinya 20 RM sudah include extra charge dini hari, karena tak ada pilihan lain kami  naik saja, sambil berdoa mudah-mudahan selamat sampai tujuan.

KL-Johor Bahru naik bus apa? Saya naik bus KWOK PING EKSPRESS (TBS – JB Larkin) harga 33 RM waktu tempuh 3,5 jam.

 

15 thoughts on “Naik apa dari Kuala Lumpur ke Johor Bahru? (2)

  1. Rosie says:

    Hai mbaaa…
    Makasi yaaa info nyaa. Aku galau niih, mau ke johor dari KL tapiii denger2 info perjalanan bisa 5 sampe 6jam. Bawa baby pulaa, takut nya mabok darat, soal nya dari KL ke genting naik bus dan si baby muntah (memang supir bus nya ngebut dan bnyk belokan2). Alternatif lain selain bus ada gak ya?? Maybe sejenis train? Trus jadwal bus nya apakah memang cuma malam doank?

    • Zenit says:

      Hai Rosie,
      pengalamanku kemaren naik bus cuma 3,5 jam, apa mungkin karena malam ya?? jalannya juga lurus kaya jalan tol.
      Alternatif selain bus, ada kereta api, naiknya dari stasiun KL sentral ntar turun di JB sentral, tapi aku ga apal jadwalnya, coba akses ke http://www.ktmb.com.my itu bisa pesen online juga kalau ga salah.
      Untuk bus, siang juga ada… jadwal lengkap ada di http://www.easybook.com/bus-kl-johor
      Semoga menyenangkan yaa liburannya…

      • riyah says:

        Mba tapi saya liat ditraveloka ada lho pesawat KL-Johor baru, harganya pun relatif murah soalnya saya pun rencana abis lebaran se mo kesana, boleh cek di traveloka dech

      • Zenit says:

        Halo Mbak Riyah,
        Iya mbak kemaren kami memilih bus untuk lebih berhemat dan karena kami ada agenda jalan-jalan sebentar di KL.
        Selamat berlibur ya

  2. Feni says:

    mba .. klo dr JB kembali ke KL lg.. kira2 naik apa ya?? saya bawa baby jg ni.. rencananya ga beli tiket ol, tp mau on the spot aja..mohon pencerahannya, trmksh

    • Zenit says:

      Dear Mba Feni, kalau bawa baby pastikan cari yang nyaman aja mba, setahu saya ada sleeper train KA Senandung Sutera. Atau by pesawat juga bisa

  3. Lina Krisno says:

    Hi, boleh minta arahan, saya plan JJ ke KL – Genting – Malacca – Johor Bahru, sebaiknya bagaimana ya. Rute terbaik bagaimana ya.

Leave a comment