Belajar R Statistik

RSebagai peneliti yang tergolong pemula dan masih harus banyak belajar, penguasaan perangkat lunak statistik adalah sesuatu yang tak bisa dihindarkan, statistik rasanya perlu saya jadikan kawan akrab, karena Ia akan membantu saya menjelaskan data-data yang saya peroleh. Nah, awal bulan lalu saya berkesempatan belajar tentang R statistik dari para ahli di Bandung. Training tentang R Statistik dibawakan oleh Pak Heru Wiryanto dan Pak Aswin Januarsjaf. Acara di arrange oleh Pak Medianta Tarigan dari Bina Karir.

Ada beberapa hal yang membuat R statistik menarik bagi saya, R merupakan platform open sources sehingga siapa saja bisa menginstall nya dengan GRATIS, R bisa di install di komputer dengan OS Windows, Mac, ataupun Linux. Kemudian R bisa digunakan untuk melakukan beberapa fungsi, untuk psikometri, baik dengan CTT (teori tes klasik) ataupun IRT (item response theory) bisa dijalankan menggunakan R. Di samping penggunaan R untuk perhitungan, teman saya bahkan ada yang menggunakannya untuk analisis citra digital. Panduannya banyak kalau kita mau googling. Grafik yang dihasilkan bagus, dan yang menarik output hasil statistiknya itu lho sudah terformat sesuai apa yang harus kita laporkan.

Namun demikian tidak dipungkiri, meski saya sudah belajar 3 hari berturut-turut, R ini command nya banyak banget, jadi kalau hanya mengandalkan memori jangka pendek, yah gampang lupa. Trus kalau kita salah command lalu munculnya error.. haha kalau sudah begitu ada 2 kemungkinan, bisa jadi penasaran atau malah mutung. hahahaha. Untuk Anda yang suka coding mengcoding saya pikir ini adalah tantangan yang luar biasa menantang. Kalau kesulitan dengan coding, ada juga shiny yang sudah diciptakan para ahli, dan mereka menshare dengan bebas. Luar Biasa!!!

Kenapa namanya R? Saya juga penasaran, setelah cari tahu sana sini, ternyata karena R project dikembangkan oleh Robert Gentleman dan Ross Ihaka (nama R untuk sofware ini berasal dari huruf pertama nama kedua orang tersebut) yang bekerja di departemen statistik Universitas Auckland tahun 1995.

Mulai tertarik?

Untuk menggunakan R bisa dimulai dengan menginstall R dan menginstall R Studio.

Komunitas pengguna R statistik di seluruh dunia berkembang pesat, biasanya mereka membagikan pengetahuannya melalui platform Rpubs.

Selamat mencoba!

Advertisements

2 thoughts on “Belajar R Statistik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s