Cari Kos-kosan? Coba Serumah.com aja!

Lebih dari delapan tahun saya merasakan nikmatnya menjadi anak kos, pada waktu kuliah di UGM Yogyakarta dan pada waktu bekerja di area Kawasan Industri Pulogadung Jakarta. Sekarang hampir setiap hari saya juga melewati jalanan penuh kos-kosan di area Universitas Diponegoro Tembalang Semarang. Jadi boleh dikatakan dunia kos-kosan cukup dekat dengan kehidupan saya, yah doakan saja beberapa tahun ke depan kalau ada rezeki bisa ikut membuka kos-kosan (Aamiiiin).

Sewaktu tinggal di Yogya, saya sudah merasakan tiga kali pindah tempat kos. Kos pertama saya di Gg. Megatruh Jl. Kaliurang Km.5, kos kedua saya di Pogung Dalangan SIA XVI di kawasan Jl. Kaliurang Km.5, dan kos ketiga yang pernah saya tempati adalah di seputar Jl. Jembatan Merah I di daerah Gejayan. Masing-masing tempat kos punya kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Pada waktu di Jakarta, karena ngantor di seputaran Kawasan Industri Pulogadung, saya kos di darah Rawamangun, tepatnya di Jl. Perikani.

Awal datang ke Yogya, saya cari kos dengan keluar masuk gang, tanya sana sini, masuk dari satu kos ke kos lain dan bertanya berbagai macam kriteria. Pada waktu di Jakarta suasananya juga tidak jauh berbeda, tanya sana sini, menyusuri jalan dan mencari tulisan “ADA KAMAR KOSONG”. Geli banget kalau mengingatnya. Di Yogya sempat ada Jasa Cari Kos, saya ingat betul tempatnya di selokan mataram di deretan Gudeg Bu Ahmad, disana tersedia buku batik besar yang berisi iklan-iklan kos kosong, ada nomor telepon dan kita bisa mencatatnya, kita membayar sejumlah uang untuk mendapatkan beberapa database itu, saya pernah mencoba dan berhasil. Tapi itu dulu sewaktu belum ada teknologi Android. Nah kalau sekarang, kamu bisa coba langsung klik ke Serumah.com

serumah awal.png

Ini adalah situs pencari kos-kosan, pencari teman sekamar, dan bisa juga digunakan oleh pemilik jasa rumah kos untuk mengiklankan kos-kosan yang dimiliki. Tentu saja kemudahan  yang ditawarkan oleh Serumah.com akan sangat bermanfaat untuk yang mencari. Segmen yang dibidik adalah mahasiswa dan profesional muda, dan range harga kos-kosan yang ditawarkan juga sangat beragam. Namun demikian setelah saya coba, sepertinya database untuk lokasi di daerah seperti di Semarang dan Yogya belum sebanyak di Jakarta. Ini penampakan fitur-fiturnya

serumah 1.jpg

serumah 2.jpg

Kamu bisa langsung mencoba menggunakan situs Serumah.com untuk menemukan kos-kosan yang kamu cari. Namun demikian biasanya saat mencari tempat kos kita punya beberapa kriteria yang perlu kita cek. Beberapa hal yang perlu kita tanyakan  biasanya :

  1. Kamar : luasnya berapa, apakah satu kamar diisi sendiri atau berdua
  2. Perabotan : apakah kos isi atau kos kosongan, ada banyak rumah kos yang hanya menyewakan kamar, dan kita harus mengisi perabotan seperti tempat tidur dan lemari serta meja belajar sendiri. Kalau saya lebih memilih yang sudah isi, alasannya praktis saja supaya tidak perlu beli baru.
  3. Harga : nah yang ini menyesuaikan budget masing-masing, biasanya ada yang mematok harga bulanan, ada pula yang tahunan. Kalau memilih kontrak rumah maka ada pula yang dua tahunan. Untuk harga perlu diperhatikan apakah sudah all in atau masih perlu bayar listrik dan bayar air serta bayar wi-fi.
  4. Fasilitas lain : fasilitas lain yang perlu dicek adalah kamar mandi, apakah ada di dalam kamar artinya bisa digunakan sendiri ataukan sharing bersama teman-teman. Apakah ada dapur? Yang ini juga penting untuk kelangsungan hidup sehari-hari. Adakah ruang bersama untuk bertemu teman-teman? Adakah ruang tamu? Adakah wi-fi? Adakah mesin cuci yang bisa digunakan bersama? Adakah laundry?
  5. Jenis Kos : biasanya kos-kosan disediakan khusus untuk wanita atau kos khusus untuk pria. Ada juga yang campur, dan ada pula kos khusus pasutri. Akan lebih nyaman jika kita memilih tempat kos yang homogen untuk kita, kalau wanita pilih kos wanita, kalau pria pilih kos pria.
  6. Ada ibu kos atau tidak? Selama saya kos, semua tempat kos saya selalu ada induk semang nya, yang ini membantu saya bila ada bermacam keperluan, dan tentu saja merasa lebih aman.
  7. Lokasi : pastinya kita akan cari lokasi yang strategis dan mudah dijangkau ya?
  8. Kebersihan : Kebersihan dan kerapian tentu saja jadi yang penting juga untuk di cek ya…

Nah demikian review singkat tentang proses mencari kos, semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s