Semangat Man Jadda Wajada

moderator, beasiswa 5 benua

The Road to Continue Study – Kuliah Umum Fak. Psikologi Undip

Semangat dan inspirasi itu datang lagi pada saat yang tepat,

Tahun 2016 ini rasanya berjalan begitu cepat, ada banyak sekali kegiatan yang kulakukan, sampai-sampai update blog pun baru sempat dikerjakan pada bulan ke-9. Rutinitas itu kadang menggulung impian juga, banyak hal-hal yang telah diangankan menjadi belum sempat dilakukan karena padatnya rutinitas sehari-hari. Mulai dari kegiatan rutin di kampus yaitu mengajar, membimbing skripsi, menguji, membuat proposal, membuat laporan, melakukan pelatihan, mengetes, dan juga kegiatan rutin di rumah yang tak ada habisnya yang membuat segalanya menjadi lebih berwarna warni. Menjadi ibu sekaligus pengajar dan juga pembelajar, banyak hal yang perlu diselaraskan agar bisa tercapai keseimbangan, atau istilahnya bisa merasa work/life balance dan work/family balance.

Senin lalu, 26 September 2016 saya mendapat kesempatan luar biasa untuk bisa menjadi moderator kuliah umum di tempat saya mengajar. Hal yang spesial adalah pembicara kuliah umum kali ini adalah idola saya. Ya, karya-karya yang ditulisnya sangat menginspirasi. Beberapa tahun lalu saya bahkan pernah me-review salah satu karyanya yang berjudul Rantau 1 Muara yang merupakan salah satu bagian dari trilogi Negeri 5 Menara disini. Saya juga pernah me-review di halaman Goodreads berikut ini,

Rantau 1 Muara (Negeri 5 Menara, #3)Rantau 1 Muara by Ahmad Fuadi

My rating: 5 of 5 stars

Buku paling keren dari trilogi negeri 5 menara. Saya baca hanya dalam sehari, langsung bisa mendongkrak semangat, membuat diri jadi yakin… inspiring banget.
Ini review nya >> https://ikazenita.wordpress.com/2013/1…

View all my reviews
Kalau selama ini saya hanya membaca karya-karyanya, bahkan mengulang-ulang beberapa kali untuk membaca bukunya, kali ini saya berkesempatan bertemu secara langsung dengan penulisnya! Ya bertemu langsung dengan Ahmad Fuadi. Waw, excited banget!

Waktu saya pelajari CV nya, ternyata tanggal lahir beliau sama dengan tanggal lahir anak saya, Alifia, 30 Desember. Wah kebetulan, moga-moga kelak anakku juga bisa menjadi penulis hebat seperti beliau dan mendapatkan pengalaman untuk mendapatkan tempat belajar yang terbaik. Aamiin.

Kalau selama ini saya mendapat inspirasi dari karya-karya beliau, kali ini saya bagaikan disiram semangat yang luar biasa. Semangat Man Jadda Wajada, siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasilnya, setelah itu tambahkan kesabaran dan konsistensi, serta doa kepada Yang Kuasa… resep ampuh mengalahkan rasa malas dan mau bangkit ketika mengalami kegagalan.

Setelah mengikuti acara ini jadi mulai bersemangat kembali untuk bisa studi lanjut lagi, doakan ya readers…

Di akhir acara saya juga bacakan penggalan kata-kata yang memotivasi dari buku-buku Ahmad Fuadi :

Bertualanglah sejauh mata memandang
Mengayuhlah sejauh lautan terbentang
Bergurulah sejauh alam terkembang
Merantaulah, kau akan mendapat pengganti kerabat dan teman
Berlelah-lelahlah manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang
Jangan pernah remehkan impian, Tuhan Maha Mendengar

Leave a Reply

