Jalan-jalan ke Goa Kreo

PhotoGrid_1442134868392

Beberapa minggu lalu, saya dan serombongan ibu-ibu di komplek rumah saya membuat acara arisan di luar rumah, dan destinasinya adalah di sekitar Gua Kreo, Gunungpati, Semarang. Meskipun sudah berpuluh tahun tinggal di Kota Semarang, ini adalah kunjungan saya yang pertama ke Gua Kreo, hehehehehe…..

Setelah pembangunan beberapa waktu yang lalu, gua kreo kini menjadi wisata terpadu dengan Waduk Jatibarang. Meskipun tempatnya berada di pinggir Semarang, namun cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Memasuki area parkir di Gua Kreo, kami telah disambut oleh serombongan kera. Gua ini punya sejarah yg unik, karena dipercaya sebagai petilasan Sunan Kalijogo, Sunan Bonang, Sunan Ampel, dan Sunan Gunung Jati. Untuk membangun masjid di Demak, para sunan mencari batang pohon sebagai pilar, namun demikian pohon itu tidak bisa dipotong. Para sunan bertemu sekawanan kera berekor panjang yang mengajak untuk meminta petunjuk kepadaNya dengan bersemedi. Hingga akhirnya sunan berhasil memotong pohon itu. Ketika kera hendak mengikuti sunan ke masjid, sunan meminta kera untuk menjaga gua itu, yang kini dikenal dengan gua kreo.

Kera disana cukup jinak, dan tidak mengganggu, hanya saja kalau kita nampak membawa makanan dia akan meminta. Jangan lupa membawa minuman, karena Anda harus berjalan cukup jauh untuk menuju gua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s