Explore Lombok

PhotoGrid_1443257544548

Bulan lalu, saya berkesempatan mengunjungi pulau Lombok bersama keempat teman sekantor saya. Agenda utamanya adalah ikut International Conference, dan presentasi paper. Nah kalau yang itu kita skip saja yaaa, kita akan fokus pada agenda tambahan…. eksplorasi Lombok!

Ini adalah perjalanan pertama ke pulau Lombok, jadi cukup excited saya mempersiapkan keberangkatan. Jauh-jauh hari kami sudah mempersiapkan tiket keberangkatan dan kepulangan supaya bisa dapat seat yang berdekatan dan direct flight dari Semarang ke Lombok. Namun tak disangka-sangka, kurang lebih seminggu sebelum keberangkatan saya dapat undangan untuk melakukan presentasi laporan kemajuan penelitian yang telah didanai, hukumnya wajib. Jadilah akhirnya saya harus menunda keberangkatan ke Lombok, akhirnya saya harus gunakan penerbangan yang berbeda dengan teman-teman, dan harus transit di Bali.

Alhamdulillah perjalanan Semarang-Denpasar-Praya lancar. Mendarat di Bandara Internasional Praya Lombok di malam hari tak membuat saya gentar, karena sudah tidak ada fasilitas penjemputan dari panitia, saya memilih menggunakan moda transportasi taksi bandara, sebenarnya ada juga Damri Bandara, tapi karena saya belum paham saya tidak memilih untuk menggunakannya. Dari Bandara ke kota Mataram ternyata cukup jauh, tapi sopir taksi nya cukup friendly sehingga membuat nyaman dalam perjalanan. Karena perjalanan malam, saya tak bisa menikmati pemandangan apapun dari Bandara ke Hotel, lebih-lebih saya sudah sangat mengantuk saat itu.

Kuliner Apa yang Perlu Dicoba?

Selain Ayam Taliwang yang sudah terkenal rasa pedasnya, kalau ada kesempatan mengunjungi Lombok, Anda bisa mencoba lezatnya Sate Rembiga, sate ini enakkkk banget… recomended! Makanan lain yang kami coba adalah Bebalung, menurut saya biasa saja karena mirip dengan sup iga, namun bedanya iga nya buanyaaaaak. Makanan lain yang perlu dicoba adalah Nasi Balap Puyung, letaknya di depan pintu keluar airport, ayamnya maknyusss, sambelnya uenak, sampai kami bungkus untuk dibawa ke Semarang.

Beli Oleh-oleh dimana?

Ada beberapa oleh-oleh yang terkenal dan menjadi ciri khas Lombok, yaitu Mutiara dan Tenun. Kami membeli mutiara di daerah Sekarbela, disana ada mutiara air tawar, air laut, harga cukup bersaing. Karena kurang menyukai perhiasan, saya tidak beli macam-macam disana. Selanjutnya kami membeli oleh-oleh khas di Gandrung, sebuah toko yang menjual barang-barang oleh-oleh, mulai dari kaos, tas, dompet, kdan beragam kain khas Lombok, harganya juga variatif. Untuk oleh-oleh berupa makanan, kami membeli di Lestari. Oleh-oleh yang khas adalah jelly rumput laut, saya juga membeli beberapa ragam kopi. Kami pikir, membeli kain di Gandrung sudah sangat murah, tapi ternyataaaaa pas kami ke pantai Kuta, disana penjualnya menjual kain hingga diobral, untuk selendang ada yang berani menawarkan hingga Rp.20.000,-. Luar biasaaaaaa!!!! Tadinya ditawarkan berapa jadinya berapa. Oh ya teman-teman saya juga membeli kain tenun asli ke pembuatnya di Sade, desa adat disana.

Jalan-jalan kemana?

Jalan-jalan ke Lombok bagusnya kemana???? PANTAIIIII!!!!!!!!!

Ya, Lombok dikaruniai keindahan alam yang luar biasa Indah, yaitu pantai. Pantainya masih banyak yang masih asli dan nampak sangat indah. Saat saya ke Pantai Senggigi, saya melihat itu sudah sangat indah, apalagi saat itu sunset. Tapi ternyata saya lebih menganga lagi waktu diajak ke Pantai Tanjung Aan, luar biasaaaaaa…….. speechlessss….. Pantai pantai yang segaris dengan Tanjung Aan ada Pantai Seger dengan Legenda Mandalika, dan juga Pantai Kuta.

Kunjungan singkat di Lombok menorehkan kebahagiaan dan kebanggaan akan Indahnya Indonesia

One thought on “Explore Lombok

Leave a Reply

