Dari Fieldtrip Belok ke Pantai

field trip

Ini dia kegiatan yang ditunggu-tunggu mahasiswa dari awal semester, fieldtrip alias jalan-jalan! Ya, di mata kuliah Psikologi Industri Organisasi yang saya ampu semester lalu, sudah disampaikan ke mahasiswa kalau akan ada kunjungan studi alias jalan-jalan sambil belajar, eh belajar sambil jalan-jalan ya maksudnya🙂 Destinasi jalan-jalan kali ini adalah ke Kota Kudus, tepatnya kami mengadakan kunjungan ke PT. Pura Barutama. Tujuan kunjungan studi kali ini adalah untuk belajar tentang best practice HR di sana, terutama banget tentang implementasi ilmu Psikologi Industri Organisasi disana. Jadi di Pura Group itu menurut saya yang paling khas adalah budaya organisasi nya, kelihatan banget bahwa inovasi itu dijunjung tinggi disana, muncul temuan-temuan baru dari para SDM disana. Nah, disini peran HR juga besar untuk bisa menemukan dan mengembangkan individu yang ada disana.

Setelah selesai belajar di sana, selanjutnya kami bergerak ke arah utara kota Kudus, yaitu ke Jepara, lebih tepatnya lagi di Pantai Bandengan Jepara. Nah yang ini murni acara mahasiswa ya, saya cuma ikut saja. Sebelumnya saya belum pernah ke pantai Bandengan ini, tapi sudah tersohor keindahannya jadi penasaran juga. Perjalanan dari Kudus ke Jepara ternyata relatif butuh waktu yang cukup panjang. Di sepanjang jalan saya melihat bahwa hampir semua rumah di pinggir jalan punya usaha meubel, jadi gak heran yaaaaa kalau meubel dari jepara itu sangat tersohor sampai penjuru dunia. Selain itu kami juga melewati pasar yang menjual durian, ya! hanya menjual durian…

Sampai di pantai Bandengan suasana cenderung sepi, wajar saja karena hari itu adalah hari kerja. Pantai berpasir putih sudah menyambut kami, saya langsung bergabung bareng adik-adik mahasiswa. Apa yang mereka lakukan pertama kali? Ya! Foto pake tongsis! hehehehehe…….

20141218_144907

Sebagai ibu-ibu saya juga menggenapkan jalan-jalan ini dengan acara belanja🙂 asiiik… tapi disini belanjanya beda! saya membeli berbagai macam ikan asin… harganya relatif murah jadi kesempatan buat membeli untuk oleh-oleh juga. Saya juga beli souvenir dari kerang-kerangan untuk teman-teman di kampus.

Sesudah belanja, saya lihat rombongan mahasiswa sedang bermain banana boat… wuah asyiknya… kalau lihat mereka jadi kepengen muda lagi.. hehehehe… Tiba-tiba saja ada sekelompok mahasiswa yang mengajak saya dan Erin teman saya untuk mencoba naik perahu ke Pulau Panjang.. wuah penasaran juga, per orang hanya membayar Rp. 15.000 untuk perjalanan pulang pergi Bandengan-Pulau Panjang. Beda dengan saya yang excited, Erin teman saya sedikit cemas dengan urusan naik perahu, tapi mahasiswa sangat helpfull sehingga kami bisa menikmati perjalanan itu.

20141218_153630

20141218_160327

Nah itu dia kisah fieldtrip yang berbelok ke pantai di bulan Desember 2014 lalu…… sampai jumpa di field trip selanjutnya🙂

3 thoughts on “Dari Fieldtrip Belok ke Pantai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s