Wisata Seputar Semarang

Kali ini saya akan sharing cerita liburan sebulan lalu, postingnya baru sempat sekarang, nggak papa yaaa…😛 Jadi ceritanya, liburan akhir tahun lalu saya dan Fia gak kemana-mana karena ayahnya lagi ada kerjaan di luar pulau tapi kami dapat kunjungan dari keluarga di Bandung. Horeee… Fia dan sepupunya, Rafa ketemu lagi… hebohlah rumah🙂
Ke Semarang mau liburan kemana???? mau kuliner apaaa???? Naaah jadilah liburan kemarin diisi dengan minitrip ke berbagai destinasi wisata di kota Semarang.

1. Pantai Marina

marina

Pantai Marina ada di ujung utara kota Semarang, sementara rumah saya di ujung selatan kota Semarang, jadi perjalanan kesana juga cukup lumayan kira-kira butuh waktu lebih dari 30 menit, tapi karena kami berangkat pagi hari jadi jalanan masih terasa sangat lengang. Tiket masuk ke Pantai Marina ini murah meriah, cuma 4000 rupiah… Akan lebih hemat kalo dari rumah bawa bekal sendiri, jadi gak usah jajan disana. Kemaren kami udah bawa kue kue dan minuman dari rumah, jadi pas sampai disana tinggal membuka perbekalan.

Gak seperti pantai-pantai di laut selatan yang dipenuhi hamparan pasir yang luas, pantai Marina ini ga ada pasirnya, yang ada batu hehe… Tapi kalau pengen menikmati hamparan lautan, disediakan walkside yang lumayan luas. Disana ada juga layanan naik perahu bareng-bareng, tapi waktu itu kami gak naik karena cuma saya ama Fia aja yang berminat, dan saya sebelumnya juga udah pernah. Selain menikmati pantai, di sekitar situ ada juga kandang Rusa, wah ini cukup menarik buat anak-anak yang bisa melakukan aktivitas feeding animal. Melihat Rusa disana, komentar Fia “Rusa nggak mandi ya Bu?”… hehehehe…..

2. Klenteng Sam Poo Kong

IMG-20141227-00150

Destinasi kedua kami adalah Klenteng Sam Poo Kong. Yea, itu Fia, Rafa dan Om nya sedang bergaya di depan salah satu bangungan di Klenteng Sam Poo Kong. Ini istimewanya Semarang, banyak peninggalan yang bernilai budaya disini. Kali ini yang kita kunjungi adalah Klenteng yang konon dulu tempat bersandarnya Laksamana Ceng Ho. Dari terakhir kunjungan saya 5 tahun lalu, sekarang Klentengnya sudah diperluas, dipercantik dan dilengkapi fasilitasnya jadi semakin berasa lagi ada di negeri Cina. Disana ada patung Laksamana Ceng Ho yang super duper besar banget. Kalo kamu pengen berfoto dengan kostum ala Pai Su Chen dan Yoko, disana juga disediakan jasa foto dengan kostum ala negeri Cina. Tiket masuk kesana cukup murah yaitu 3000 rupiah.

3. Museum Kereta Api Ambarawa

IMG-20141231-00225

Tujuan wisata kami selanjutnya adalah Museum Kereta Api Ambarawa. Nah yang ini agak jauh dari kota Semarang ke arah selatan. Kami pergi kesana melewati tol Semarang-Bawen yang pemandangannya aduhai indahnya. Sampai disana, museum ramai dikunjungi pengunjung, ternyata karena saat itu sedang ada kereta wisata yang jalan, kereta nya berdinding kayu, unik. Langsung dengan gesitnya saya ikutan ngantri, tiket untuk perjalanan PP Ambarawa-Tuntang-Ambarawa 50.000 rupiah. Kata Bapak mertua, “wah mahal ya padahal Kereta Diesel Rancaekek-Padalarang cuma 1500”, woohooo namanya juga wisata ya….. But overall anak-anak pada seneng. Kita ngelewatin danau Rawapening yang penuh dengan enceng gondok, dan disuguhi musik di stasiun Tuntang.

Di museum KA Ambarawa dipertontonkan lokomotif dari zaman Belanda dulu, yang hitam-hitam itu loo… bagaikan visualisasi dari film Thomas n His Friends buat anak-anak. Kalo buat saya jadi kebayang naik kereta mau ke Hoghwarts! hahahaha….. Selain lokomotif, ada pula pernak-pernik stasiun jaman dulu, dari mulai mesin-mesin, hingga topi nya masinis dipertontonkan disana.

4. Lawangsewu

IMG-20141231-00294

Lawangsewu kalo diterjemahkan secara bebas berarti gedung seribu pintu, apa bener pintunya ada seribu? hahaha itung sendiri yaaa… karena pintunya banyak bangetttttt. Di lawangsewu ini pengelolaannya juga dilakukan oleh PT. KAI Daop IV, jadi beberapa ciri khas nya hampir sama seperti di museum kereta api Ambarawa. Dulu, kalau masuk ke Lawangsewu ini bisa gratis, tapi sekarang harus berbayar. Di bagian bawah tanah lawangsewu ada penjara bawah tanah, penjaranya berbentuk penjara duduk dan penjara berdiri, dulu saya pernah turun langsung dan melihat, tapi ternyata sekarang tidak boleh lagi, katanya karena sedang direnovasi.

Disana juga digunakan sebagai museum perkeretaapian, jadi banyak info-info mengenai kereta api di masa lalu, ada ruangan yang disediakan khusus untuk menonton video perkembangan kereta api sejak jaman dulu. Oh ya, kalau gak bawa kamera sendiri, disana juga ada fotografer yang bisa mencetak foto langsung jadi.

5. Masjid Agung Jawa Tengah

IMG-20141231-00318

Nah ini destinasi favorit Bapak mertua, Masjid Agung Jawa Tengah. Kebetulan kami sampai disana sudah petang jelang maghrib, jadi sekalian saja kami sholat maghrib disana. Saya sudah berulangkali kesana, tapi masih selalu takjub dengan kemegahannya. Kata orang-orang desain masjid ini beserta payung raksasanya yang hanya dibuka pada hari-hari tertentu mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah *berdoa supaya bisa pergi ibadah kesana, Amiiiin*. Anak-anak senang karena halamannya luas jadi bisa berlari-lari dengan puas…

Nah, itu beberapa destinasi wisata di seputar Semarang yang kami kunjungi bersama keluarga dari Bandung. Kalau mau jalan-jalan ke Semarang, jangan lupa nikmati juga kulinernya yang ciamik. Kemaren kami sempat jajan Soto Ayam Pak No, soto yang terkenal di Semarang, komentar ponakan saya “kok mangkoknya kecil banget?” huahahahahahaha…. Kalo kuliner lain yang jadi wajib untuk oleh-oleh yaitu lunpia, bandeng presto, dan wingko babad. Tapi yang tak disangka-sangka, adik ipar saya justru “kesengsem” sama tahu gimbal dan wedang ronde😀

One thought on “Wisata Seputar Semarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s