Berkenalan dan Belajar Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian (Jilid 1)

Hampir setahun lalu, tepatnya di bulan September tahun 2013 saya melihat ada rilis di Grup Diskusi Metodologi Penelitian Psikologi tentang buku baru yang ditulis oleh Pak Wahyu Widhiarso (di kampus dulu kami sering memanggilnya mas WeJe).  Grup Diskusi Metodologi Penelitian itu adalah grup yang digagas Pak Wahyu dengan menggunakan media facebook, terus terang saja saya lebih banyak masih menjadi silent reader saja, sesekali memberikan komen tapi sangat amat jarang sekali. Grup itu menarik buat saya, tapi terkadang membuat melongo, jangan tanya kenapa ya.. you know laaah…😛

Nah siapakah Pak Wahyu Widhiarso atau yang dikenal dengan mas Weje? Beliau adalah dosen di Fakultas Psikologi UGM yang saat ini sedang kuliah S3 di Jena Jerman, konsentrasinya Psikometri, noted! Beliau ini yang saya tau sejak dulu adalah sosok yang baik hati, rendah hati  dan suka berbagi ilmu. Beberapa kali saya bersama teman saat kuliah dulu pernah menemui beliau untuk tanya-tanya tentang statistik dan juga sering mengkonsumsi artikel-artikelnya. Terima kasih mas Weje untuk artikel-artikel yang di share for free di blog, sangat membantu sekali. Harapan saya sih artikel-artikel itu juga akan dibukukan suatu hari nanti. Jadi ketika ada tawaran buku yang ditulis oleh beliau tentu saja tanpa berpikir panjang saya berusaha untuk mendapatkannya. Buku itu ternyata ditulis berdua dengan penulis yang lain yang belum saya kenal sebelumnya, yaitu Pak Bambang Sumintono.

Ketika menerima buku itu, saya mulai membacanya dan menyampaikannya kepada rekan-rekan di kampus, ada dua orang rekan yang juga punya ketertarikan. Kebetulan semester lalu saya mengajar mata kuliah Konstruksi Alat Ukur Psikologi, sehingga buku ini menjadi sesuatu yang datang di “saat yang tepat” karena saya sedang banyak membaca tentang penyusunan skala psikologi dan pengukuran psikologi. Beberapa hal tidak saya mengerti, penjelasan tentang ministep juga rasanya tidak ada clue sama sekali pada waktu itu. Akhirnya buku itu tenggelam dalam tumpukan laporan, koreksian, bimbingan dll. Sampai pada suatu hari di awal tahun 2014, di Grup Metodologi Penelitian Psikologi kembali ramai bahwa akan diadakan pelatihan terkait buku itu. Penasaran juga, waktu itu beberapa pelatihan di Jogja sudah terlewat, yang paling dekat adalah pelatihan di Psikologi Unair. Hasil grenengan bersama teman, ingin juga ke Surabaya untuk ikut. Karena sesuatu yang baru tentang pengukuran dan alat ukur psikologi, menurut kami sangat penting dalam penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Namun hal itu juga belum bisa terwujud karena satu dan lain hal.

Minat untuk mengikuti training itu masih cukup besar, terlebih setelah ngobrol-ngobrol dengan beberapa rekan di kampus. Akhirnya saya mencoba mengirim email untuk menanyakan tentang availability trainer, awalnya saya email ke penerbit, tetapi kemudian disarankan untuk langsung mengirim email kepada Pak Bambang Sumintono (beliau ini dosen di Institute Educational Leadership, Universitas Malaya, Malaysia). Email terkirim, balasan juga datang dalam waktu yang cukup singkat, ada beberapa hal yang cukup membuat takjub karena rendah hati nya pak Bambang Sumintono dalam balasan email tersebut. Padahal awalnya saya berpikir saya akan berurusan dengan manajer nya pak Bambang Sumintono…🙂

Namun sayangnya, karena berurusan dengan proposal di kampus tidak bisa mendadak, pada akhirnya saat itu kami kehilangan kesempatan untuk dapat mengundang beliau, karena beliau hendak kembali ke Malaysia. Waktu itu saya juga bolak balik Semarang-Magelang untuk memantau KKN mahasiswa di Borobudur, sehingga beberapa kali saya terlambat membalas email.

Sampai suatu hari saya kembali di email oleh pak Bambang, menanyakan apakah masih berminat mengundang karena kepulangannya ke Malaysia ditunda. Langsung saja saya berkoordinasi, membuat proposal dan lain lain, alhamdulillah 19 Maret 2014 kami di Psikologi Undip bisa belajar tentang Aplikasi Metode Rasch dalam penelitian.

One thought on “Berkenalan dan Belajar Aplikasi Model Rasch untuk Penelitian (Jilid 1)

Leave a Reply

