Gen Y dalam dunia kerja

“harapan dari Gen Y terhadap perusahaan, yaitu; lingkungan kerja yang menyenangkan,  kehidupan nomor satu dan pekerjaan nomor dua, pemberian penghargaan berdasarkan kinerja, tidak birokratis, menyelesaikan tugas-tugas dengan kecepatan mereka sendiri dan dalam gaya mereka sendiri, melakukan apa yang ingin mereka lakukan, rekan kerja dan atasan sebagai teman, mengharapkan umpan balik langsung, menyukai keberagaman dan akses teknologi yang cepat.” – See more at: http://ppm-manajemen.ac.id/gaya-kepemimpinan-fit-match-untuk-generasi-y/#sthash.iXQfQ4g8.dpuf

Dari tiga tempat kerja yang saya singgahi agak lama (baca: lebih dari 6 bulan, di luar kerja sebagai associate dan freelancer), tempat kerja saya yang terakhir punya sesuatu yang unik. Dari segi keragaman budaya saya kira tidak banyak, dua kantor saya sebelumnya jauh lebih berwarna, dari berbagai suku ada, dari yg kulit putih, kulit sawo matang, rambut lurus, rambut keriting, ngomong halus, ngomong teriak, ngomong kasar.. lengkap.

Nah tapi anehnya, saya rasakan di kantor saya yang ketiga inilah justru yang lebih “berwarna”, lama saya perhatikan, lalu saya mencoba menyimpulkan bahwa ada perbedaan generasi yang cukup mencolok. Bisa dikatakan 3 generasi. Kalau baca dari literatur, saya ini termasuk gen Y… Angkatan di atas saya bisa dibilang gen X… nah angkatan di atasnya lagi.. kita sebut gen apa ya?

Artikel yg sy cuplik di atas menggambarkan bahwa generasi sebelum kami seringkali menjuluki generasi kami adalah orang-orang yang sulit diatur, suka semaunya sendiri. Hehehehe.. Apakah itu salah?

Saya rasa semuanya terjadi karena ada Perubahan dalam berbagai sisi kehidupan… dan tak dapat dihindari kaum muda adalah kaum yang berbahaya… So, mungkin ada baiknya antar generasi saling memahami supaya lebih solid dalam bekerja. Terutama leader yang harus dapat memahami karakter para bawahannya…

Posted in: psy

Leave a Reply

