Prepare your curriculum vitae #seri_karir4

documents-required
Curiculum Vitae atau yang sering kita sebut dengan CV adalah modal bagi pelamar pekerjaan apakah pantas untuk di interview atau tidak. Oleh sebab itu penting halnya dalam pembuatan CV tersebut. CV yang baik adalah modal utama untuk medapatkan pekerjaan, jika CV mu bagus dan menarik akan membuka kesempatan lebih luas untuk Anda di panggil interview.
Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu menuliskan data pribadi Anda, seperti nama, tempat tanggal lahir, kemudian alamat, status kamu, kualifikasi sejarah karir dari yang terlama hingga yang terbaru dan jangan lupa juga menuliskan hobi Anda.
Educational Background atau latar belakang pendidikan. Perusahaan perlu mengetahui sejarah pendidikan Anda. Oleh sebab itu perlu bagi Anda untuk menuliskan latar belakang pendidikan Anda, mulai SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi. Serta tuliskan juga prestasi – prestasi yang pernah Anda raih di masa pendidikan Anda.
Kemudian yang selanjutnya yaitu jangan lupa menuliskan skill & competency Anda. Hal ini berguna untuk “menjual diri anda”. Apa yang Anda punya dan orang lain tidak punya, apa yang Anda bisa dan apa kelebihan Anda, adalah salah satu cara agar diri Anda menaraik. Tetapi ingat, gunakan bahasa yang menarik lugas, tidak berbelit, belit dan tentunya menggunakan kalimat yang efektif serta mudah difahami.
Jangan lupa juga tuliskan pengalaman kerja / pengalaman organisasi Anda. Ini untuk menjelaskan secara tersirat bahwa Anda patut untuk dipertimbangkan dalam proses selanjutnya yaitu interview. Apakah Anda termasuk orang yang aktif dalam berorganisasi atau orang yang sangat berorientasi terpaku pada buku. Pengalaman bekerja Anda juga merupakan salah satun penilaian tersendiri bagi perusahaan dalam menentukan calon – calon karyawannya. Beberapa pengalaman lain yang menunjang juga perlu anda tuliskan dalam CV Anda. Hal ini untuk menambah nilai tambah pada diri Anda.
Lampirkan juga foto terbaru Anda. Di dalam foto tersebut berusahalah berpenampilan semenarik mungkin. Menarik disini adalah terlihat rapi, elegan, sopan dan santun. Jangan memakai baju sehari – hari, apalagi memakai kaos yang ketat. Karena secara tidak langsung akan menurunkan penilain terhadap Anda.
Sertakan juga dokumen pendukung dimana itu bisa membuat nilai lebih untuk Anda. Misalnya sertifikat dari kelembagaan tertentu, sertifikat TOEFL, sertifikat kepanitiaan, sertifikat penghargaan dan lain – lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s