Prepare to interview #seri_karir5

interview
Persiapkan diri dengan baik. Jangan terlihat gugup pada saat berlangsungnya interview, pastikan bahwa Anda menjawab dengan apa adanya diri Anda, tapi juga jangan terlalu jujur. Pilihlah hal yang tidak harus Anda ceritakan didepan interviewer yang justru hal tersebut membuat penilaian negatif terhadap diri Anda.
Percaya diri adalah kunci jawaban Anda meyakinkan interviewer. “PD is number one”. Jadikan itu sebagai slogan Anda ketika dalam proses wawancara. Jangan menjawab dengan menunduk atau bahakan bola mata terlihat kemana – mana, tidak fokus kepada interviewer. Karena hal ini menunjukkan bahwa Anda tidak percaya diri dan tidak yakin dengan jawaban Anda sendiri.
Be Your Self. Jadilah apa adanya diri Anda, tidak dibuat – buat meniru gaya orang lain. Punya prinsip hidup, punya planning hidup dan cara bicara yang lugas dan jelas termasuk salah satu penilaiannya. Senyumlah pada saat Anda di interview, itu menandakan bahwa Anda ramah.
Buatlah catatan tentang kemahiran anda, hal yang anda sukai & ingin anda lakukan untuk masa depan. Hal ini tentu akan menambah “nilai jual Anda”. Karena ini berkaitan dengan visi dan misi hidup Anda. Temukan hal menarik untuk dikemukakan yang ada pada diri Anda. Tapi jangan terlalu berlebihan dan malah terkesan dibuat – buat, ungkapkan hal yang memang Anda pernah lakukan, dan kemas dengan gaya bahasa yang santun dan semenarik mungkin. Jangan terlalu cerewet dalam menjawab pertanyaaan. Perlihatkan bahwa Anda sosok orang yang pekerja keras dan antusiasme kerja yang tinggi. Bersikap sopan lah di depan interviewer, karena semua gelagat tubuh Anda pada saat itu akan dinilai oleh interviewer.
Tampilan diri rapi dan tidak berlebihan. Berpakaianlah yang rapi dan sopan. Bermake-uplah sewajarnya (bagi yang perempuan), dan pastikan Anda tidak bau badan. Penampilan pertama akan selalu terkesan dan teringat dibenak interviewer dan ini akan menentukan apakah Anda lanjut ditahap berikutnya atau tidak. Maka berpenampilanlah yang menarik dan sopan yang membuat Anda layak untuk maju ke tahap berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s