How to write a coverletter #seri_karir3

A-mans-hand-writing-007

Bagian dari menulis surat lamaran yang terlihat sederhana tetapi sangat penting untuk dilakukan adalah, jangan lupa menuliskan kepada siapa surat lamaran tersebut ditujukan.

Hal yang kedua yaitu menulis kata atau kalimat pembuka. Berusahalah menuliskan kata pembuka yang sopan dan santun, dan yang menarik perhatian jika dibaca oleh orang lain. Kalau kalimat pembukanya saja tidak menarik untuk dibaca bagaimana dengan ketertarikan HRD dalam membaca halaman – halaman selanjutnya. Jangan terlalu banyak dalam menuliskan kalimat pembuka. Gunakan bahasa serta penulisan yang baik, padat dan berisi.
Langkah selanjutnya “Jual diri” siapa Anda? Apa kelebihanmu? Tunjukan kelebihan yang Anda miliki dalam surat tersebut. Jangan terlalu berlebihan saat menunjukkan kelebihan yang dimiliki, karena hal ini menimbulkan kesan sombong. Menunjukkan kelebihan dengan sewajarnya saja. Akan lebih menarik perhatian jika muncul sebagai orang yang sederhana tapi berilmu. Tuliskan dengan baik berbagai hasil dan prestasi kerja ataupun pengalaman keberhasilan, dan buat calon tempat bekerja tahu bahwa Anda mempunyai prestasi serta pengalaman yang layak dipertimbangkan.
Jika sudah, akhiri dengan penutup. Tegaskan dengan jelas siap di panggil tes/wawancara kapan. Karena hal ini menunjukkan bahwa Anda benar – benar siap dan mempunyai antusias yang tinggi dalam bekerja. Selain itu menunjukkan juga bahwa Anda sangat menghargai waktu, bagus dalam time managementnya.
Jangan lupa juga untuk cantumkan nama dan tanda tangan Anda. Memberi tanda tangan pada surat lamaran menandakan secara tersirat bahwa surat tersebut formal dan buatan Anda sendiri. Hal ini sepele dan tidak jarang terlupakan, padahal penting untuk dilakukan.
Dan yang terakhir adalah buat personal untuk perusahaan yang dimaksud, hindari copy paste yaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s