How to choose ideal workplace? #seri_karir1

Seringkali saya bertemu dengan mahasiswa yang galau setelah wisuda sarjana, mereka curhat kalo hari wisuda adalah hari yang sangat membahagiakan, namun sayangnya itu hanya berlangsung satu hari saja. Setelah wisuda mereka mendapati hidup yang rasanya lebih berat dari biasanya, ya karena sudah tidak punya predikat mahasiswa dan ga punya kartu sakti bernama KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang bisa jadi kartu sakti di berbagai tempat. Mereka mulai galau dengan status baru, sarjana yang belum bekerja… Nah mulai hari ini saya pengen sharing tentang cara-cara menghadapi dunia kerja, kita mulai dengan rumpian tentang bagaimana memilih tempat kerja idaman… Oh ya sebelumnya tulisan ini sudah pernah saya publish lewat web tembalang career center dan blog tcc, keduanya sebenarnya rintisan untuk membuat media yang tujuannya sharing ttg bagaimana menghadapi dunia kerja.

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan oleh seseorang yang sedang mencari pekerjaan adalah melihat tempat dimana dia bekerja.  Seorang fresh graduate biasanya akan mematok tempat – tempat kerja yang bonafide. Hal ini memang penting dilakukan, karena nantinya akan berhubungan dengan masalah upah dari perusahaan tersebut. Oleh karena itu hati – hati dalam menentukan atau memilih tempat kerja.  Berusahalah mencari lowongan kerja dari perusahaan yang bonafide. Caranya gimana? yang paling sederhana biasanya kita bisa pantau, kalau iklannya di dunia maya, maka mereka biasanya punya website perusahaan yang baik dan merepresentasikan kinerja mereka, dan tentu saja email untuk submit lamaran kerja kita memakai domain milik perusahaan, gak cuma pakai email gratisan, hehehehehe

Kemudian, pastikan bahwa deskripsi dan spesifikasi pekerjaan jelas. Sehingga akan tahu pekerjaan apa saja yang harus dilakukan ketika nanti sudah terdaftar sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Jangan biasakan kerja serabutan yang tidak begitu jelas alur kerja, dan job desc nya antara satu pekerja/ karyawan dengan yang lain. Ini akan mencrminkan apakah perusahaan tersebut profesional atau tidak.
Jika perusahaan kurang meyakinkan, pikirkan untuk melamar pada perusahaan tersebut. Hal ini penting untuk dipertimbangkan, karena nantinya akan berkaitan dengan gaji atau upah. Berkaitan juga dengan masa depan perusahaan, yang berpengaruh terhadp masa depan karyawannya. Hal – hal yang ditawarkan secara berlebihan di suatu perusahaan, padahal perusahaan yang sedang merintis dan belum dapt dilihat hasil yang dicapai, perlu dipertimbangkan ulang untuk melamar menjadi karyawan pada perusahaan tersebut.
Perhatikan kemampuan diri anda, apakah sesuai dengan profil yang diinginkan perusahaan atau tidak. Mengenali diri sendiri itu juga termasuk hal penting dalam menentukan tempat kerja. Sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan pada perusahaan tersebut alangkah baiknya untuk lebih mengenali kemempuan diri, apakah sesuia dengan profil perusahaan. Apakah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan, jika merasa tidak sesuai maka jangan melanjutkan atau memaksa untuk tetap masuk menjadi karyawan tersebut, hal ini akan membuat Anda tidak nyaman dalam bekerja.
Nah itu dia bekal singkat untuk cari tempat kerja sesuai idaman Anda. Selamat berjuang! Good Luck!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s