Ketika Kita Mulai Menua

Sudah setahun ini nenek kakekkami sekeluarga ditinggal Ibu, awalnya kondisi ini terasa berat, tapi hidup tetap harus dijalani. Aku harus bisa memberikan kekuatan untuk Bapak, meskipun itu nggak mudah, karena aku sendiri masih sering teringat Almarhumah Ibuku. Banyak hal-hal yang aku sesali, kenapa yaa dulu nggak begini, nggak begitu… ahh tapi sesal tiada arti ya, yang penting sekarang aku coba jalani sebaik mungkin, terutama untuk keluarga kecilku.

Sehari-hari sekarang aku tinggal dengan keluargaku dan Bapak. Kebetulan tentangga di tempat tinggal kami kebanyakan berusia jauh lebih senior daripada aku *baca: lebih sepuh*. Karena beberapa tetangga udah lansia, aktivitasnya tentu udah agak berbeda dengan kaum muda. Kalo pagi-pagi setelah subuh, banyak lansia yang jalan-jalan keliling komplek, baik sendiri, dengan pasangan, atau sama-sama dengan pensiunan lainnya.  Kalau pertemuan ibu-ibu yang dibicarakan juga tentang penyakit, alternatif pengobatan, makanan yang harus dihindari, yah seputar itu…. Penyakit-penyakit umum yang sering diderita lansia di lingkungan rumahku adalah DM dan tekanan darah tinggi. Heboh dehh kalo udah pada ngomongin penyakit.

Ada seorang tetangga yang sudah lama sakit diabetes dan seringkali keluar masuk Rumah Sakit, beliau seorang Ibu juga seperti aku. Kondisinya nampak sudah lemah, tapi yang perlu diacungi jempol adalah suaminya yang sangat sabar dalam merawat kondisi ibu tersebut. Kalau melihat fenomena tersebut saya jadi ingat saat saat Bapak mulai telaten merawat Ibu yang saat itu telah terbaring lemah.

Melihat fenomena itu, kadang pikiranku melayang jauh ke depan… Seandainya aku tua nanti, bagaimana denganku yaa??? Harapanku aku dapat hidup sehat, bahagia bersama keluargaku… Investasiku di masa tua ku nanti tentu saja anak-anakku *anaknya kan baru satu, berarti perlu nambah yaaa???* jadi sekarang tugasku adalah merawat & mendidik anakku dengan baik.

Begitu dulu yah ibu ibuuu… sampai jumpaaa…

Leave a Reply

