Hidup Bermasyarakat

Hidup Bermasyarakat? Wah dari judulnya nampak seperti pelajaran Kewarganegaraan saat sekolah dulu! Haha.. memasuki tahun baru 2012 ini kebetulan saya mendapatkan sebuah amanah baru di lingkungan tempat tinggal saya. Ya, saya didhapuk menjadi Sekretaris PKK RT sejak Desember 2011 kemarin! Wow… tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Begini awalnya, sekarang saya kembali ke rumah orangtua, karena rumah emang rumah sedang direnovasi dan yang lebih penting adalah karena menemani Bapak sepeninggal Ibu.

Nah, akhir 2011 lalu adalah periode pemilihan ketua RT di lingkungan rumah saya, ternyata karena satu dan lain hal akhirnya Bapak terpilih jadi ketua RT. Karena Ibu sudah tidak ada, saya si anak terancam jadi ketua PKK pula *apa kata dunia*, tapi untunglah pemilihan ketua PKK dilakukan secara voting sehingga saya tidak terpilih *bersorak gembira*, tapi tetap diminta menjadi sekretaris. Yah sudahlah akhirnya saya putuskan untuk menyanggupinya, dengan motivasi pembelajaran juga.

Ternyata setelah hampir 3 bulan menjalankan tugas sebagai sekretaris PKK, memang sudah ada beberapa hal yang saya pelajari. Yang pertama, sebagai sekretaris PKK tugas utamanya adalah membuka & menutup acara pertemuan serta membuat notulensi. Nah, ternyata di debut pertama saya membuka & menutup acara, saya mendapat masukan dari seorang Ibu. Ya, masukan itu juga untuk membuat saya lebih baik tentunya. Yang kedua, saya jadi lebih mengenal banyak orang. Minimaltetangga se RT, karena harus membuat surat-surat undangan & terkadang mengantarnya. Selain itu sesekali juga harus mengikuti pertemuan PKK di tingkat RW dan Kelurahan. Yang ketiga, tentunya saya harus belajar mengadministrasi file dengan baik karena posisi saya sebagai sekretaris.

Nah, karena anggota PKK di sekitar lingkungan rumah saya kebanyakan sudah senior, jadilah saya menjadi anak muda di tengah-tengah orang-orang yang seumuran dengan orangtua saya. Bisa membayangkan dong bagaimana suasana rapat-rapat yang saya ikuti? Kegiatan kegiatan sosialnya juga? Nah pengalaman ini rasanya amat berharga, karena ternyata hidup bermasyarakat itu mengajarkan banyak hal, tidak saja tentang hal-hal teoritis yang diajarkan di kampus.

 

Leave a Reply

