Berkomunikasi dengan bayi

Aoo.. uoo.. bla bla… hu… kata kata semacam itu sekarang seringkali muncul dari bibir anakku, fia. Mulai sekitar usia 2 bulan sebenarnya sudah seringkali saya dengar ocehan fia. Tapi sekarang sudah semakin jelas dan semakin sering. Bisa dibilang, semakin bertambah usianya, makin bertambah pula kepandaiannya.

Kalau inget kembali tentang teori perkembangan bahasa pada anak. Awal mula bayi berkomunikasi adalah dengan menangis, kemudian mulai bisa mendekut (cooing), lalu mulai mengoceh/meraban (babbling). Menangis dimulai semenjak awal kelahiran, sementara cooing  biasanya pada usia 1-2 bulan, dan mengoceh biasanya dimulai pada usia 6-10 bulan. Nah berarti fia sekarang seharusnya sudah bisa mengoceh. Contoh mengoceh adalah mengucapkan kata kata seperti ma-ma-ma, pa-pa-pa… kalau fia biasanya hu..uh…huu…

Setelah lebih dari usia 10 bulan, bayi biasanya mulai mampu bicara dengan kalimat kalimat. Eits tapi jangan salah, kalimat kalimat yang diucapkan bayi biasanya awalnya hanya terdiri dari satu kata atau dua kata. Baru pada usia 24 bulan biasanya mulai bisa tiga kata. Itu kata teorinya, jadi akan saya observasi nanti pada fia.

Yang saya baca, ada beberapa kiat agar anak menuruti dan memahami pembicaraan, diantaranya adalah :

  • Menyampaikan pesan dalam kalimat yang jelas dan sederhana, jadi jangan berbelit belit kalo bicara sama bayi.
  • Menyampaikan pesan dengan situasi yang tepat, jadi perlu memperhatikan timing saat bicara sama bayi.
  • Lakukan kontak mata saat menjelaskan pada anak, kalau bisa lakukan juga kontak fisik, misalnya membelai, mengusap.
  • Perhatikan anak, gunanya untuk melihat ekspresi apakah bayi mampu menyerap informasi yang disampaikan.
  • Bercerita pada anak, kegiatan bercerita adalah kesempatan yang tepat untuk bereksperimen secara verbal dan ekspresif sehingga kita bisa punya kesempatan besar untuk menemukan cara bicara tepat yang mampu membuat si kecil menyimak dan menurut.

Oke ibu ibu, sekian dulu cerita cerita tentang perkembangan bahasa pada bayi, kapan kapan kita lanjutin lagi ya🙂 Udah persiapan apa nih buat mudik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s