Ngrumpi tentang Pendidikan Indonesia (lagi)

Hari ini 2 Mei, ah untung saja saya udah gak sekolah lagi, dulu kalo masih sekolah, tanggal 2 Mei adalah salah satu hari dimana kami akan mengikuti upacara yang panjang. Kenapa? ya karena hari ini adalah Hari Pendidikan Nasional sekaligus Hari jadi kota Semarang. Nah kali ini saya mau ngajakin buat rumpi rumpi tentang pendidikan Indonesia.

Kebetulan banget, beberapa hari ini, topik yang lagi HOT adalah tentang Sarjana Terbaik Dipaksa Jadi Tukang Sapu.

Bagaimana bisa ya? Sarjana jadi tukang sapu? Setelah baca artikelnya, ternyata sebelumnya bapak sarjana terbaik ini masuk lewat penerimaan jalur SMA, kemudian beliau melanjutkan sekolah, dan jadi sarjana.. Entah karena belum disesuaikan ijazahnya, atau bagaimana, jadilah predikat sarjana jadi tukang sapu itu menempel padanya.

Ingatan saya jadi melayang dengan teori sosiologi yg disampaikan guru saya masa SMA dulu, tentang mobilitas sosial dan gerak sosial. Seinget saya, pendidikan itu salah satu saluran mobilitas sosial yang bisa bikin social climbing *kalo salah mohon dibenerin*. Di buku saya jaman SMA dikasih contoh kalo orang biasa bisa naik status sosialnya gara2 dia sekolah tinggi, dan kemudian sukses. Nah teori itu sukses membuat saya termotivasi untuk sekolah tinggi😀

Tapi ternyata? kalo di negeri ini pendidikan saja ga cukup, keberuntungan juga seperinya punya andil, setidaknya itu menurut saya. Setelah lulus sarjana, banyak yang nganggur, banyak yang susah cari kerja, yang dapat kerja pun usahanya ga mudah. Mau wiraswasta buat beberapa orang terganjal dengan modal. Udah banyak cerita deh….

Saya juga ga tau, apa yang salah dan letak ketidakadilannya dimana….

Yang jelas, saya masih berharap banyak pada negeri Indonesia tercinta ini… Semoga ke depannya orang pintar makin dihargai jadi ga pada kabur ke luar negeri hehehe… Jadi pendidikan benar benar akan dihargai di negeri ini.

Okelah ibu ibu dan bapak bapak, rumpiannya segini dulu yah…

2 thoughts on “Ngrumpi tentang Pendidikan Indonesia (lagi)

  1. Zul Fikri says:

    pendidikan itu bukan sekedar proses link n match dgn orientasi kerja
    tapi pendidikan itu bgaimana mantransformasi nilai2

Leave a Reply

