Kembali ke Buah-Buahan Segar

Kemarin sore, setelah pulang dari kampus saya menyempatkan diri untuk berbelanja beberapa sayuran dan bahan buah buahanuntuk persiapan buka puasa dan sahur di sebuah supermarket. Sepanjang jalan menuju supermarket itu saya lihat banyak sekali penjual minuman untuk buka puasa, ada sup buah, jus buah, es doger, jamu, es pisang ijo, es krim rujak dll. Penjual makanan juga ga ketinggalan, ada batagor, tahu kentaki, gorengan, tempura, dll. Wuah pokoknya buanyaaak deh…

Yang membuat saya tertarik adalah penjual jus buah, es krim rujak dan sup buah, kenapa? Ya, saya tinggal di jogja ini sudah kira kira 6 tahun *waw lama juga ya*, di awal kedatangan saya ke Jogja beberapa tahun silam, warung jus buah langganan saya dan teman teman adalah jus buah pak lebah di sekitar selokan mataran karangasem jakal km 4,5. Seingat saya di tempat itulah the one and only penjual jus yang mantaaab rasanya!!! Meskipun harus berebut dengan lalat buah, kami tetap bersemangat untuk meneguk jus buah yang segaar.

Beberapa tahun kemudian, mulai kukenal minuman bernama sup buah, hmmm nikmat sekali, dengan irisan buah segar dicampur dengan susu dan sirup serta es batu yang dingin, uhhmm… segaaaaaar. Selain jus buah dan sup buah, ada satu lagi yang cukup unik, es krim rujak namanya… es krim rujak adalah perpaduan antara es krim (es puter) dengan rujak (cacah), kombinasi rasa es dan rujak yang kecut-kecut pedas, uhmmmm nikmaaat…

Ketiga jenis minuman segar itu sekarang luar biasa mudah ditemui di Jogja ini, rasanya hampir tiap jengkal di Jalan Kaliurang ada penjual es krim rujak dan jus buah, kalo sup buah banyak sekali di seputaran UGM. Kenapa minuman itu menjadi menjamur ya sekarang ini? Apakah sekarang gaya hidup masyarakat sudah berubah menuju ke arah yang lebih sehat? Ya, mungkin itu jawabannya. Beberapa saat yang lalu ketika saya membeli jus buah, penjual jus buah nya cukup  cerdik, ia menuliskan khasiat  jus buah pada umumnya dan masing-masing buah secara khusus, waah jadi makin mantap mau beli jus.

Yang saya ingat beberapa manfaat jus diantaranya : meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, melancarkan proses pencernaan, sebagai anti oksidan dan anti kanker, mempercepat prose penyembuhan, dan membuat awet muda *hayooo siapa yang mau?*. Nah kalo jus favorit saya jus jambu merah, jus tomat dan jus mangga, kalo kamu apa?

>>> Kalo pengen tau tentang terapi jus, bisa dilihat disini.

4 thoughts on “Kembali ke Buah-Buahan Segar

  1. ica says:

    Seru juga makanan2 mengandung buah [es krim rujak & sup buah]

    saya juga penggemar “jus Mangga”, pokonya mangga diolah apapun suka.
    oy, d keluarga saya setiap pagi wajib minum jus buah campuran: wortel, tomat, apel, & madu (kalo puasa diminum pas buka)- stt, rasanya aneh2 enak🙂

Leave a Reply

